Ini Penyebab dan Pelaku Ledakan "Pager" yang Diungkap Misi PBB di Lebanon dalam Surat untuk DK PBB - Kompas

 

Ini Penyebab dan Pelaku Ledakan "Pager" yang Diungkap Misi PBB di Lebanon dalam Surat untuk DK PBB

BEIRUT, KOMPAS.com - Penyelidikan awal yang dilakukan oleh pihak berwenang Lebanon terhadap perangkat komunikasi yang meledak di Lebanon pekan ini menemukan perangkat-perangkat tersebut telah ditanami bahan peledak sebelum tiba di negara itu.

Hal itu diungkap oleh Misi PBB di Lebanon dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Penyelidikan awal menunjukkan perangkat yang ditargetkan telah dipasangi booby-trapped (perangkap yang dikombinasikan dengan bahan peledak) secara profesional sebelum tiba di Lebanon,” kata surat yang dilihat oleh AFP.

Baca juga: Ini Hasil Penyelidikan Awal oleh Lebanon Terkait Penyebab Pager-pager Bisa Meledak

Dalam surat itu, Misi PBB di Lebanon juga mengungkap bagaimana pager-pager dan walkie-talkie itu bisa meledak secara berkesinambungan berdasarkan hasil penyelidikan awal otoritas Lebanon.

Disebutkan, alat komunikasi itu diledakkan dengan cara mengirimkan pesan elektronik ke perangkat tersebut.

"Israel bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan serangan tersebut," kata Misi PBB di Lebanon di dalam surat.

Baca juga: Ini Hasil Penyelidikan Awal oleh Lebanon Terkait Penyebab "Pager-pager" Bisa Meledak

Misi PBB di Lebanon, menyebut serangan tersebut “belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal kebrutalannya” dan membahayakan upaya-upaya diplomatik untuk menghentikan pertempuran di Gaza dan Lebanon selatan.

Mereka pun meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk serangan atau ledakan yang menyebabkan total 37 orang tewas dan sekitar 3.000 orang lainnya terluka di Lebanon tersebut.

Dilansir Reuters, DK PBB yang beranggotakan 15 negara telah dijadwalkan akan menggelar sidang darutat untuk membahas ledakan tersebut pada Jumat (20/9/2024) ini.

Baca juga: Pesawat Israel Bombardir Lebanon Selatan Setelah Insiden Ledakan Pager

Israel sendiri belum secara langsung mengomentari ledakan pager dan walkie-talkie di Lebanon.

Namun, sumber-sumber keamanan Lebanon meyakini, insiden itu dilakukan oleh agen mata-mata Mossad, yang memiliki sejarah panjang dalam melakukan serangan-serangan canggih di wilayah asing.

Ledakan itu menargetkan perangkat komunikasi yang digunakan oleh kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Baca juga: Pesawat Israel Bombardir Lebanon Selatan Setelah Insiden Ledakan Pager

Pager dan walkie-talkie meledak saat para penggunanya berbelanja di supermarket, berjalan di jalan, dan menghadiri pemakaman.

Sebelumnya, seorang pejabat pengadilan Lebanon juga mengatakan kepada AFP, bahwa penyelidikan awal oleh otoritas Lebanon menemukan ratusan pager yang meledak secara bersamaan di berbagai wilayah telah dipasangi booby-trapped, yakni perangkap yang dikombinasikan dengan bahan peledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Dunia Internasional Terbaru - Google Berita