Inggris: Rudal Iran Akan Digunakan Rusia untuk Menyerang Lebih Dalam ke Ukraina - Sindonews

 

Inggris: Rudal Iran Akan Digunakan Rusia untuk Menyerang Lebih Dalam ke Ukraina

Sabtu, 14 September 2024 - 14:24 WIB

Inggris: Rudal Iran...

Rusia akan menggunakan rudal Iran untuk menyerang Ukraina lebih dalam. Foto./Iran International

A A A

TEHERAN - Kementerian Pertahanan Inggris menyebutkan rudal jarak pendek Iran yang baru saja dikirim ke Rusia akan memungkinkannya untuk menyerang target garis depan Ukraina dengan presisi yang lebih baik dan membebaskan persenjataan yang ada untuk serangan yang lebih jauh ke negara itu.

Rudal Fath-360 dapat mencapai target dalam jarak 120 kilometer dengan akurasi dalam jarak 30 meter, kata pernyataan kementerian pertahanan Inggris, yang memungkinkan Rusia "untuk mempertahankan lebih banyak kemampuan jarak jauhnya untuk digunakan melawan target yang lebih dalam di Ukraina".

Amerika Serikat dan negara-negara besar Eropa memberlakukan sanksi baru minggu ini terhadap Iran dan maskapai negaranya Iran Air atas pengiriman tersebut - rudal pertama yang diduga telah dikirimkan Iran ke Rusia sejak meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada tahun 2022.

Iran dan Rusia telah membantah adanya transfer rudal.

Baca Juga

Melansir Iran International , Rusia telah memproduksi pesawat nirawak serang jarak jauh baru dengan mesin dan suku cadang buatan China.

Kemudian, Seperti dilaporkan Reuters, pesawat nirawak baru tersebut telah digunakan dalam serangan terhadap Ukraina. Pesawat nirawak baru tersebut kemungkinan akan "mengurangi ketergantungan Rusia pada pesawat nirawak Iran".

Iran telah mengirim ratusan pesawat nirawak serang dan amunisi artileri ke Rusia.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada hari Jumat bahwa blok tersebut sedang mempertimbangkan sanksi baru terhadap sektor penerbangan Iran sebagai tanggapan atas penerbangan rudal tersebut.

"Uni Eropa telah berulang kali memperingatkan Iran agar tidak mentransfer rudal balistik ke Rusia," kata Borrel. Dia menambahkan bahwa Uni Eropa akan "merespons dengan cepat dan berkoordinasi dengan mitra internasional".

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran menuduh Uni Eropa bertindak berdasarkan informasi yang salah dan memperingatkan bahwa sanksi Barat akan ditanggapi dengan tanggapan yang tidak disebutkan dari Republik Islam tersebut.

Dinas keamanan FSB Rusia mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan mengusir enam diplomat Inggris di Moskow, menuduh mereka melakukan spionase dan sabotase, sebagai tanda memburuknya hubungan antara kedua negara bersenjata nuklir tersebut.

Inggris telah menganjurkan agar Ukraina diizinkan untuk menyebarkan rudal jarak jauh yang dipasok Barat di dalam wilayah Rusia, sebuah posisi yang belum didukung oleh Amerika Serikat.

(ahm)

Baca Juga

Komentar

Informasi Dunia Internasional Terbaru - Google Berita