Porselen Karya Aktivis China Dihancurkan Kala Pameran di Italia - CNN Indonesia

 

Porselen Karya Aktivis China Dihancurkan Kala Pameran di Italia

Selasa, 24 Sep 2024 01:30 WIB

Satu karya seniman dan aktivis China Ai Weiwei, Porcelain Cube, dihancurkan seseorang saat mulai dipamerkan di Italia, Jumat (20/9). (via REUTERS/Genus Bononiae Press Office)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Salah satu hasil karya seniman sekaligus aktivis asal China Ai Weiwei hancur saat dipamerkan di Bologna, Italia pada Jumat (20/9). Karya bertajuk Porcelain Cube itu dihancurkan seorang pria dalam pameran Who am I? di Palazzo Fava.

Sesuai namanya, Porcelain Cube merupakan sebuah kubus yang dibuat dari porselen.

Berdasarkan rekaman CCTV yang diunggah Ai Weiwei di Instagram, seorang pria dalam ruang pameran jalan ke arah Porcelain Cube, mendorong karya dari porselen tersebut hingga jatuh ke lantai dan hancur berkeping-keping.

Pria tersebut juga sempat mengambil sisa karya tersebut dan mengangkatnya ke atas kepala sebelum ia dihentikan pihak pengamanan.

Reuters memberitakan Kepolisian Bologna mengungkapkan telah menangkap seorang pria berdarah Ceko berusia 57 tahun atas kejadian tersebut. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail pelaku.

Ai Weiwei juga sempat mengunggah video ketika pelaku perusakan ditangkap polisi. Pelaku tampak mengucapkan sesuatu kemudian tersenyum ke arah kamera.

Sementara itu, Arturo Galansino selaku kurator dari pameran yang digelar hingga 4 Mei 2025 tersebut mengatakan bahwa pelaku perusakan sudah dikenal dalam dunia seni.

"Sayangnya, saya mengenal pelaku tindakan tidak bertanggung jawab soal perusakan dan kejadian-kejadian serupa itu selama bertahun-tahun yang melibatkan berbagai pameran dan institusi di Florence," tutur Galansino.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai cara pria Ceko tersebut bisa masuk dalam acara khusus tamu undangan itu.

alt="'Porcelaine Cube' by artist Ai Weiwei is pictured after being destroyed by a man during the opening exhibition, in Bologna, Italy, September 20, 2024. Genus Bononiae Press Office/Handout via REUTERS. ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT." title="Porcelaine Cube Karya Ai Weiwei" />Porcelain Cube karya Ai Weiwei yang hancur berkeping-keping setelah didorong jatuh pelaku vandalisme dalam pameran Who am I? di Italia pada Jumat (20/9). (via REUTERS/Genus Bononiae Press Office)

Ai Weiwei selaku seniman khawatir aksi itu memakan korban. Namun, pihak berwenang memastikan tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Weiwei kemudian meminta agar sisa-sisa patung tersebut ditutupi dan dibawa pergi.

Sejumlah penggemar dan pengikut sosial media Weiwei memberikan berbagai komentar terhadap unggahan pada 20 September yang memuat video CCTV kejadian tersebut.

Weiwei juga mengunggah before after karya seninya yang memicu tanggapan para penggemar dan penikmat seni dari mancanegara. Banyak netizen mengecam tindakan yang tidak menghormati karya seni tersebut.

[Gambas:Instagram]

(chri)

Baca Juga

Komentar

Informasi Dunia Internasional Terbaru - Google Berita