Pemukim Yahudi Serang Desa di Tepi Barat, Bunuh Warga Palestina dan Bakar Mobil hingga Rumah - inews

 

Pemukim Yahudi Serang Desa di Tepi Barat, Bunuh Warga Palestina dan Bakar Mobil hingga Rumah

MAKKAH, iNews.id – Liga Dunia Islam (MWL) pada akhir pekan ini mengutuk keras serangan yang dilakukan gerombolan pemukim Yahudi di Desa Jit di Tepi Barat yang diduduki zionis. Organisasi yang didirikan di Makkah, Arab Saudi, itu pun menyerukan diakhirinya krisis kemanusiaan yang parah yang terjadi di berbagai wilayah Palestina

Arab News pada Minggu (18/8/2024) melansir, seorang pemuda Palestina tewas dan seorang lainnya terluka parah setelah para pemukim Yahudi menyerang bagian barat Desa Jit, baru-baru ini. Orang-orang Israel itu juga membakar beberapa kendaraan dan rumah.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sekretariat Jenderal MWL Sabtu (17/8/2024) malam, organisasi tersebut mengkritik pelanggaran serius yang terus dilakukan oleh para pemukim Yahudi terhadap rakyat Palestina dan properti mereka. Ironisnya, kejahatan para Yahudi itu justru dilindungi oleh aparat keamanan dan militer Israel.

MWL pun mendesak kembali masyarakat internasional untuk mengambil sikap yang tulus dan tegas untuk mengakhiri krisis kemanusiaan di Tanah Palestina. Organisasi itu juga menyerukan tindakan konkret untuk menghentikan agresi dan meminta pertanggungjawaban semua pihak yang terlibat dalam kekerasan itu.

Otoritas Palestina, yang memerintah Tepi Barat dari Ramallah, menyebut serangan oleh pemukim Yahudi itu sebagai terorisme negara yang terorganisasi. Presiden Israel Isaac Herzog sendiri juga mengutuk serangan itu dan menyebutnya sebagai “pogrom” istilah yang pernah digunakan khususnya untuk serangan terorganisasi terhadap orang-orang Yahudi di Rusia atau Eropa Timur pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Bahkan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pun mengecam serangan itu. Amerika Serikat, Jerman, dan Prancis semuanya menyebut serangan itu tidak dapat diterima. Sementara menteri luar negeri Inggris menggambarkan serangan itu sebagai sesuatu yang “menjijikkan” dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutnya “mengerikan”.

Baca Juga

Komentar

Informasi Dunia Internasional Terbaru - Google Berita